Membuat Toko Online Dengan WordPress

wordpressSetelah beberapa artikel kemarin saya sempet menulis tentang berjualan online/toko online beserta metodenya, maka kali ini saya ingin menulis tentang toko online yang saya buat dengan mesin wordpress bukan yang lainnya πŸ™‚ .

Β Kenapa saya memilih wordpress? saya yakin sobat satublog sudah tau alasannya. Yup bener karena SEO dari wordpress menurut saya saat ini paling manteb dibanding yang laen. Kenapa saya bisa bilang begitu? Beberapa saat lalu saya pernah membuatkan toko online untuk kakak saya, dan saya mencoba membuatkan dari opencart dan juga prestashop.

Saat menggunakan OpenCart memang fitur toko online langsung ada semua dan komplit tinggal pakai aja. Akan tetapi untuk SEO masih kurang, bahkan untuk mendapatkan indeks dari google juga butuh waktu agak lama. Begitu juga saat saya ganti dengan prestashop, untuk SEO memang agak lebih bagus dibanding OpenCart akan tetapi masih kalah jauh dibanding WordPress.Β Nah karena melihat toko online saya bagus dari sisi SEO akhirnya toko online kakak saya pun migrasi ke WordPress juga, kena virus dari saya πŸ˜€ .

Oke, sekarang lanjut ke inti membuat sebuah toko online dengan menggunakan wordpress. Menurut saya sama dengan saat kita membuat blog pribadi, seperti di bawah ini.

  • Domain dan Hosting

Untuk domain dan hosting memang menurut saya wajib menggunakan yang berbayar. Karena ini merupakan salah satu bentuk cara memberikan “trust”/kepercayaan untuk calon customer dari toko online kita nanti. Kalau berjualan saja masih menggunakan domain dan hosting gratis, maka seperti tidak modal dan niat. Walau memang ada juga yang menggunakan yang gratisan tapi tetep terpercaya πŸ™‚

  • Instal WordPress

Kalau sudah mempunyai domain dan hosting, sekarang tinggal install saja dengan wordpress. Kalau step ini saya rasa sobat satublog sudah mahir semua πŸ™‚ .

  • Tambahkan Theme Toko Online

Kalau sudah terinstal wordpress tinggal ganti wajah dengan theme toko online. sebenernya sih ga wajib juga, tinggal keinginan kita aja pengin tampilan yang bagaimana πŸ™‚ . Dan untuk theme toko online sangat banyak kalau kita mau mencari di google, mulai dari yang gratis hingga yang membayar. Dan untuk theme Aikaos Distro saya menggunakan theme berbayar, karena memang saya niat serius untuk berjualan πŸ™‚

  • Instal Plugin

Nah kalau untuk plugin ini akan banyak sekali, jadi instal sesuai kebutuhan sobat. Misal ingin menggunakan plugin e-commerce silahkan di instal, kalau tidak ya ga usah πŸ˜€ .

Nah itu merupakan step-step saya dalam membuat toko online dengan menggunakan wordpress. Mungkin sobat ada yang bertanya di pilihan terakhir tentang plugin e-commerce. Karena saya memang tidak menggunakan plugin e-commerce tapi tetep bisa berjualan secara online πŸ™‚

Karena sebenernya masyarakat Indonesia masih banyak yang lebih suka bertanya dahulu pada penjual sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli produk. Dan pada akhirnya memang plugin e-commerce akan sangat sedikit digunakan, customer saya lebih suka dengan cara SMS, telp, YM maupun BBM walau sebenernya sudah saya sediakan form untuk pemesanan.

Dan bagaimana cara untuk membuat form order/pemesanan dan form konfirmasi pembayaran akan saya tulis di artikel selanjutnya aja, udah terlalu panjang nih πŸ˜€

Keep Blogging & Keep Sharing

Semoga Bermanfaat

40 Comments

    • Adi Wibowo
    • Adi Wibowo
    • Adi Wibowo
  1. papap arfa
    • Adi Wibowo
  2. Jackysan
    • Adi Wibowo
      • Jackysan
        • Adi Wibowo
    • Adi Wibowo
    • Adi Wibowo
  3. andre
    • Adi Wibowo
  4. toko baju online murah
  5. free download
  6. allnewpicanto
  7. frynki.com
  8. harlem
  9. Produk herbal
  10. How can i get pregnant now
  11. setting pabx
  12. cara membuat toko online
  13. Mata Dunia
  14. Obat Kanker
    • Adi Wibowo